Menjaga Saluran Pencernaan

Menjaga Saluran Pencernaan
Kesehatan seseorang bisa dilihat dari karakteristik lambung dan usus, lambung yang sehat memiliki selaput lendir yang berwarna merah jambu, tanpa ada tonjolan ataupun abnormalitas di permukaannya dan usus yang sehat juga berwarna merah jambu, empuk dan memiliki lipatan-lipatan yang besar dan seragam.

Karena letak lambung dan usus di dalam, kita tidak bisa melihat perubahannya secara langsung. Kita akan bila ada gejala yang terasa, seperti mual, muntah, nyeri pada bagian perut atas, kepala pusing, keringat dingin, susah tidur karena menahan sakit pada ulu hati. Beda dengan fisik bagian luar, ketika ada perubahan sedikit saja spontan berbagai cara dicoba untuk menjaga. Padahal menjaga organ dalam jauh lebih penting dari pada hanya memperhatikan fisik yang luar.

Saat masih kanak-kanak semua orang memiliki karakter lambung dan usus yang bersih, namun karakter itu berubah seiring dengan gaya hidup dan pola makan seseorang. Nah, bagaimana pola makan yang bisa menjaga lambung dan usus kita? ini dai tipsnya.
Menjaga Saluran Pencernaan - dibuka saja

  • Makan secukupnya, teratur dan berhenti sebelum kenyang
 Rasulullah bersabda:
Anak adam itu tidak memenuhi suatu bekas yang lebih buruk daripada perutnya. Cukuplah bagi anak adam itu beberapa suap yang dapat meluruskan tulang belakangnya. Sekiranya tidak dapat, maka satu pertiga untuk makanan, satu pertiga untuk minuman dan satu pertiga untuk pernafasan.
(Riwayat Tirmizi)
  • Jaga waktu makan, jangan terlalu berdekatan agar makanan dapat dicerna dengan  sempurna, dan selesaikan makan malam 4-5 jam sebelum tidur.
  • Jangan makan atau minum yang terlau panas atau dingin karena dapat mengiritasi lapisan dinding lambung.
  • Bila perut kosong karena lupa makan atau berpuasa, jangan langsung diisi dengan makan nyang berat, ini akan melemahkan lambung sehingga makanan sulit untuk dicerna. Makanlah kurma, karena kandungan glukosanya mudah diserap lambung tanpa memlalui proses pencernaan di dinding usus.
  • Buah dulu sebelum makan, hal ini dapat memamncing lambung untuk segera mengeluarkan getah lambung yang akan sangat membantu proses pencernaan makanan yang lain.
  • Jangan lupa cuci tangan, membaca basmalah, dan duduk saat makan.
Semoga tips  Menjaga Saluran Pencernaan di atas bermanfaat bagi kita semua. Aamiin..


sumber: Majalah Ar-Risalah edisi 145 hal. 63

0 Response to "Menjaga Saluran Pencernaan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel